Kamis, 22 Oktober 2009

Kumbang Sombong dalam Kotoran Sapi

Ada seekor kumbang yang menemukan seonggok kotoran sapi. Ia bersenang-senang di dalamnya dan merasa enak di sana. Kemudian, ia mengundang teman-temannya untuk bergabung membangun kota di dalamnya. Setelah bekerja keras tanpa mengenal lelah selama beberpa hari, mereka berhasil membangun sebuah “kota hebat” di dalam onggokan itu.

Mereka sangat bangga atas keberhasilan itu dan memutuskan untuk mengangkat kumbang pertama sebagai raja. Untuk menghormati raja baru, mereka menyelenggarakan suatu parade megah berkeliling “kota”.

Pada waktu parade megah ini sedang berlangsung, seekor gajah lewat dan ketika melihat seonggok kotoran sapi, gajah itu mengangkat kakinya agar tidak menginjak kotoran itu. Raja kumbang itu melihat kejadian itu dan dengan marah ia membentak binatang besar itu. “Hai kamu! Tak ada rasa hormat kepada raja? Sungguh kurang ajar kamu melangkahkan kaki di atas kepala raja. Minta ampun sekarang juga atau kuhukum kau.” Gajah itu menengok ke bawah dan berkata, “Baginda Yang Mulia, hamba mohon ampun.” Lalu ia berlutut di atas onggokan kotoran itu… meratakan raja, kota, penduduk, dan keangkuhan dalam satu tindakan kerendahan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar