Minggu, 13 Desember 2009

Ular Ganas dan Ular Bijak

Suatu ketika di tengah hutan ada seekor ular king kobra yg besar. Ular tersebut ditakuti oleh semua makhluk, bahkan penghuni hutan tanpa terkecuali karena keganasannya. Semua makhluk yg mendekat ke sarangnya akan digigit hingga mati keracunan. Pada akhirnya, tidak ada manusia atau mahluk hutan apapun yang berani mendekati sarangnya.

Suatu hari, ular tersebut merasa capek dengan hidupnya yang penuh dengan kejahatan. Dia ingin bertobat di sisa hidupnya. Dia pun mendengar bahwa ada seekor ular bijak yang hidup di puncak gunung. Akhirnya dia memutuskan untuk belajar dari ular bijak itu.

Ular bijak itu mengajarkan bagaimana hidup dengan baik. Ular kobra itu mendengarkan semua petuah ular bijak itu dan dia sungguh-sungguh mengubah hidupnya. Ketika ular tersebut menjadi ular baik, jalanan di dekat rumahnya berubah menjadi ramai. Perlahan-lahan sudah dilewati banyak makhluk, termasuk manusia.

Suatu hari, sekelompok anak mulai mengganggunya. Mereka mengatai ular tersebut, tetapi ular tersebut menahan diri untuk tidak marah. Dia tetap bermeditasi dengan tenang. Anak-anak itu melihat ular tersebut bersikap pasif, mereka mulai mengambil ranting dan mempermainkan ular itu. Ular itu tetap menahan marahnya. Sampai akhirnya ular tersebut dipukuli habis-habisan oleh anak-anak tersebut.

Dengan tubuh babak belur ular itu menemui ular bijak itu. Ular kobra itu protes dan marah-marah karena ternyata ajaran ular bijak itu membuat tubuhnya babak belur. Ular bijak itu hanya menjawab "ular bodoh, aku melarangmu utk menggigit, bukan mendesis".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar